Cara menghitung kebutuhan gizi seseorang yang efektif

cara menghitung kebutuhan gizi seseorang


Cara menghitung kebutuhan gizi seseorang - Sekarang ini, langkah menghitung kebutuhan gizi seorang banyak dipakai oleh beberapa orang. Apa lagi, di saat wabah Covid- 19. Dalam masalah ini, Anda akan harus juga menghitung kebutuhan gizi harian Supaya kebutuhan gizi bisa tercukupi secara baik.


Cara menghitung kebutuhan gizi seseorang

Perhitungan ini digunakan untuk memeriksa kebutuhan gizi tiap orang, wanita dan lelaki. Bila Anda mulai menghitung gizi sehari-harinya maka memunculkan dampak yang memberikan keuntungan sisi kesehatan Anda.


1. Gizi Mikro yang dibutuhkan

Hal pertama kali yang harus Anda kerjakan ialah ketahui kebutuhan gizi kelompok micro. Gizi kelompok micro ialah gizi yang diperlukan badan dengan jumlah kecil. Misalkan mencakup vitamin, yodium, magnesium, kalsium, natrium, fosfor, kalium, dan zat besi.


Walau kecil, banyaknya benar-benar bermacam bergantung pada umur seorang. Zat gizi micro ini bisa disaksikan dalam AKG yang diberi Kemenkes RI. Oleh karenanya, untuk ketahui kebutuhan gizi seorang, Anda harus sesuaikan dengan umur setiap orang.


2. Gizi Makro yang dibutuhkan

Berlainan dengan gizi micro, kebutuhan gizi makro diperlukan dalam jumlah yang besar oleh badan terhitung lemak, karbohidrat, dan protein. Dalam istilah lain bisa juga disebutkan dengan kebutuhan energi. Untuk hitungnya Anda harus memakai rumus Haris Benedict.


Dalam Helosehat (https://hellosehat.com/health-tools/kalkulator-bmi/) ada seperti kalkulator untuk menghitung kebutuhan kalori secara ringkas dan gampang. Anda tinggal masukkan data berat tubuh, tipe kelamin, umur, dan kegiatan fisik. Hasilnya juga langsung akan dijumpai.

Sesudah Anda ketahuinya, tinggal membagikan ke tiga kalori yakni:

  • Kalori kebutuhan karbohidrat,
  • Kalori kebutuhan protein
  • Dkalori kebutuhan lemak. 


Berikut akan kami buat satu contoh:

Misalkan, hasil kalori kebutuhan karbohidrat 325 gr, hasil kalori kebutuhan protein 75 gr dan hasil kalori kebutuhan lemak 44 gr. Ringkasannya kalori Anda sehari-harinya 2000 kalori . Maka, Anda perlu menjumlahkan semua hasil jadi satu.


Walau demikian, kebutuhan gizi seorang sangat berbeda. Untuk jumlah protein periode umur 19 sampai 20 tahun ialah 63 gr. AKG umumnya dihitung memakai rumus atau tabel untuk referensi gizi.


Kelebihan gizi akan menyebabkan berat badan yang berlebih bahkan juga kegemukan. Disamping itu, mempunyai penyakit degeneratif bisa memberikan ancaman kasus seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. Ringkasannya, Anda harus penuhi kebutuhan gizi dengan jatah yang tepat.


Sedang, kekurangan gizi bisa memunculkan beragam jenis penyakit infeksi. Sama seperti yang diulas awalnya, Anda dapat hitungnya dengan rumus Haris Benedict dengan memakai rumus energi = AMB atau angka metabolisme basal kali kegiatan fisik.


Untuk catatan yang lain yakni kehadiran tabel pembagian dalam kegiatan seorang memengaruhi dalam perhitungan kebutuhan gizi seorang juga. Kelompok kegiatan fisik dari bedrest dengan gender lelaki sejumlah 1,30 dan wanita sejumlah 1,30.


Kelompok kegiatan fisik enteng untuk lelaki sejumlah 1,65 dan wanita sejumlah 1,55. Kelompok ke-3 yakni kegiatan fisik sedang untuk lelaki sejumlah 1,76 dan wanita sejumlah 1,70. Paling akhir, kelompok kegiatan fisik berat untuk lelaki sejumlah 2,10 dan wanita sejumlah 2,00.


Rumus BBI berlaku dengan memakai rumus TB-100 - 10% (TB - 100). Bila Anda belum ketahui kebutuhan protein, lemak bahkan juga karbohidrat, di sini semakin lebih dibahas kembali. Kebutuhan protein yang dibutuhkan sekitar 10% - 15% dari keseluruhan kebutuhan Anda.


Berbeda kembali dengan kebutuhan lemak yang dibutuhkan sekitar 10% - 25% dari keseluruhan kebutuhan Anda. Paling akhir kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan sekitar 60% - 75% dari keseluruhan kebutuhan Anda. Apa Anda telah coba untuk hitungnya?


Lalu, bila Anda sedang belanjakan kebutuhan setiap hari pada tempat mall atau melalui website online, Anda akan mendapati beberapa minuman dan makanan yang dibungkus lalu diciptakan berapakah kalori tercantum dalam paket atau tabel info gizi . Maka, Anda dapat ketahui kandungan gizinya.

Disamping itu, cara menghitung kebutuhan gizi seseorang ini dapat Anda capai bila Anda masih tetap berdasar tegar untuk jalani rintangannya yakni dengan penuhi kebutuhan gizi makro dan kebutuhan gizi micro. 

LihatTutupKomentar