Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah?

Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah


Pertanyaan yang sering ditanyakan yaitu makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah

 

Mungkin Anda juga disini mencari jawaban dari pertanyaan makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah itu ya?

 

Dalam Islam, ada dua hal yang penting diingat saat kita akan konsumsi makanan. Pertama, halal. Ke-2 , thayyib atau baik untuk badan dan akal. Ini berdasar firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 168 berikut;

 

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kalian.

 

Ibnu Katsir menerjemahkan ayat ini, tujuan ayat ini adalah jika Allah memberikan rejeki semua makhluk-Nya. Karena itu, sebagai pemberi anugerah ke mereka, Allah membolehkan mereka makan dari semua apa yang berada di bumi, yakni yang dihalalkan untuk mereka kembali baik dan tidak membahayakan badan dan akal mereka, sebagai anugerah dari-Nya.

 

Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah? Jika hukum itu ternyata diulas dalam beragam dalil Alquran atau hadis. Berikut penjabaran komplet berkenaan hukum halal haram yang harus dipahami umat Muslim.


Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah?


Ketahui hukum halal dan haram satu makanan saat sebelum dimakan adalah hal khusus yang perlu dilaksanakan umat Muslim. Ini karena dalam tuntunan Islam, makanan haram dilarang untuk dimakan umat Islam karena memiliki kandungan banyak mudharat atau hal yang datangkan rugi.

 

Hal itu seperti yang tercatat dalam buku dengan judul Fikih Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI yang diatur oleh Yusak Burhanudin, Muhammad Najib (2021: 35) yang mengatakan jika ada banyak mudharat dari konsumsi makanan dan minuman yang diharamkan diantaranya:

 

  • Menghancurkan organ badan dan kesehatan tubuh
  • Menghancurkan jiwa, psikis dan budi pekerti
  • Memunculkan kerakusan
  • Menjerumuskan diri kita sendiri

 

Ulasan mengenai makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah menyarankan mengkonsumsi makanan halal yang berguna dan menjauhi dari makanan haram ini disebut dalam beragam alasan baik Alquran atau hadits. Seperti yang diuraikan dalam buku dengan judul Al Qur'an Terjemah dan Tafsiran yang dicatat oleh Maulana Muhammad Ali (2015: 50).

 

Dalam buku itu tercatat jika dalam surat Al Baqarah tertuang perintah Allah untuk manusia agar makan barang yang baik, lalu makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah dapat diartikan untuk larang makan barang yang membahayakan kesehatan, sekalinya barang itu menurut hukum tidak dilarang. Berikut adalah surat Al Baqarah ayat 172 komplet dengan translate-nya:

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ


Artinya: Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah. (QS. Al Baqarah: 172)

 

Tidak itu saja, kajian berkenaan hukum halal dan haram makanan dan minuman diulas dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Muslim berikut:

 

إِنَّ اللهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنْ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ وَقَالَ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ


Artinya: Sesungguhnya Allah itu Maha Baik dan tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kaum mukminin dengan perintah yang Allah gunakan untuk memerintahkan para rasul. Maka Allah berfirman; Wahai para rasul, makanlah segala sesuatu yang baik dan beramal baiklah sesungguhnya Aku mengetahui apa yang kalian kerjakan. Dan Allah juga berfirman; Wahai orang-orang yang beriman, makanlah segala sesuatu yang baik yang telah kami berikan kepada kalian. (HR. Muslim).

 

Dengan begitu kita dapat mengaitkan jika makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah makruh. Ini sesuai persyaratan makanan yang bisa dan halal dimakan yakni memiliki kandungan faedah untuk kesehatan.

 

Oleh karena itu, kita seharusnya menghindar makanan yang dapat membahayakan kesehatan kita supaya badan kita terjaga kesehatannya hingga kita dapat menjalankan beribadah secara baik dan sebagai manusia yang memiliki iman sebaiknya kita makan makanan dari yang halal saja serta menghindar macam makanan apapapun itu yang dapat membahayakan kesehatan. Agar badan dan jiwa jadi sehat dan mendapatkan ridho-Nya. Mudah-mudahan artikel ini berguna ya !

LihatTutupKomentar