Cara memasak beras merah untuk penderita diabetes yang dianjurkan

Cara memasak beras merah untuk penderita diabetes

Cara memasak beras merah untuk penderita diabetes - Diabetes ialah penyakit yang memerlukan perhatian khusus untuk skema makan pasiennya. Bila tidak mau lebih buruk karena itu diet karbohidrat dan disiplin kurangi makanan yang manis-manis perlu dilaksanakan. Tidak kecuali nasi putih, makanan dasar yang seolah tidak terpindahkan oleh tipe makanan dasar yang lain dikit demi sedikit harus dikurangkan jatahnya, bila perlu meninggalkan nasi putih supaya kandungan gula darah normal tidak naik dan konstan setiap saat. Terus makan apa donk? Ya tetep makan nasi, tetapi bukan nasi putih. Pasien diabetes semakin lebih sehat dan termonitor gula darahnya bila konsumsi nasi dari beras merah sebagai makanan sehari-hari.

Problemanya beras merah selainnya harga tambah mahal rasanya tidak seenak dan sepulen nasi dari beras putih. Tetapi tenang dahulu ya, kesempatan kali ini kami akan sharing bagaimanakah cara mengolah beras merah untuk pasien diabetes yang sedap dan sehat.


Cara memasak beras merah untuk penderita diabetes

Berikut langkah memproses beras merah untuk jadi nasi yang sehat untuk diabetes, gampang diterapkan nikmat dan sedap.

Beberapa bahan yang disiapkan untuk memasak beras merah:

  1. Beras Merah
  2. Air

Langkah-langkah dalam Mengolah beras merah:

Bersihkan dan membersihkan beras merah sama air, selanjutnya keringkan.

Siapakan panci penanak nasi, dengan ukuran 1:10, yakni satu gelas beras merah dengan ukuran air sepuluh kalinya. Isi panci sama air bersih lalu didihkan.

Sesudah mendidih, saran beras merah. Masak sekitaran 30 menit dengan api yang kecil tanpa perlu ditutup.

Tidak boleh terkejut, bila banyak busa dalam rebusan beras merah. Ini alami karena beras memang beras merah akan keluarkan busa pati saat direbus. Buang busa itu dengan dengan sendok.

Sesudah 30 menit api matikan dan saring beras merah.

Selanjutnya masak kembali lagi ke panci penanak nasi (panci dengan saringan) yang sudah disiapkan.

Tutup panci dan diamkan sampai 10-15 menit

Apabila sudah masak, nasi dapat dipindah ke mangkok nasi, dan siap disajikan.


Resep Bubur Manado Memakai Beras Merah yang Aman untuk Diabetes

Memproses Beras merah untuk jadi Bubur Manado, alternatif bila jemu makan nasi beras merah. Harus diingat tidak untuk memakai bumbu gula dan garam terlalu berlebih, supaya bubur manado ini masih tetap jadi makanan yang sehat.


Bahan yang penting dipersiapkan:


  • Beras Merah 200 gram
  • Air 2 ltr
  • Daun Melinjo Muda 50 gr
  • Daun Kangkung 50 gr.
  • Daun Bayam 50 gr
  • Daun Bawang 25 gr.
  • Sebatang serai dan kunyit.


Cara memasak beras merah untuk penderita diabetes:

Bersihkan beras merah dan keringkan, selanjutnya masak beras merah sama air, kunyit, serai dan tambah sedikit garam hingga masak. Tambah ubi merah, singkong, labu kuning, dan pipilan jagung. Selanjutnya aduk sampai lunak dan kental. Tambah gula dan garam, selanjutnya tambah sayur yang telah dipersiapkan barusan. Untuk sayur diangkat saat 1/2 masak. Bubur manado ini pas untuk dikonsumsi dengan lauk ikan tongkol dan ikan dabu-dabu.


Nutrisi dan Gizi pada Beras Merah


Bukti nutrisi beras merah ini memperlihatkan ada kandungan antosianin, sumber warna ungu kemerah-merahan dengan banyak faedah. Kandungan vitamin yang tinggi pada beras merah ini bagus untuk jaga kesetabilan mekanisme syaraf dan jantung hingga beras merah ini benar-benar pas untuk pasien penyakit jantung. Beras merah jadi alternatif makanan dasar terbaik untuk pasien diabetes karena mempunyai serat yang lamban diganti jadi glukosa, dan sanggup membakar lemak dan tingkatkan metabolisme badan.


Beras merah tidak cuma berguna untuk pasien diabetes saja, namum beras merah baik sekali untuk kesehatan dan untuk jaga peluang terkena penyakit lain.

  • Tingginya Selenium dan polifenol yang terdapat di dalam beras merah akan mengecilkan risiko terserang kanker kolon atau kanker usus besar.
  • Baik sekali dan sehatkan mekanisme penceranaan karena memiliki kandungan fenol dan serat yang tinggi.
  • Bagus untuk kesehatan jantung dan menghindar penyakit kardiovaskuler.
  • Kurangi kelesterol jahat dengan tingkatkan cholesterol baik.
  • Jaga berat tubuh bagus hingga benar-benar pas yang tidak ingin gendut.
  • Jaga kandungan gula darah pada keadaan normal dan konstan dalam periode waktu lama.
  • Bagus untuk kesehatan mekanisme syaraf.
  • Bagus untuk tulang, yang mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin D. magnesium yang ada di dalam 1 cangkir beras merah sekitaran 21% dari keperluan harian badan.


Skema makan untuk pasien diabetes baik secara jatah, kandungan nutrisi, dan frekwensinya penting diingat. Untuk pasien diabetes baiknya makan 5x dalam satu hari. Yaitu; makan pagi, dilanjut dengan cemilan pagi, lunch atau makan siang, cemilan sore dan paling akhir makan malam. Untuk jatahnya ialah seper empat piring nasi kandungan gizi beras merah, setengah piring sayur, dan seperempat piring lauk pauk.


Kata kunci terkait: cara memasak nasi merah untuk diet, cara memasak nasi merah menggunakan rice cooker, cara memasak nasi merah di kompor memasak nasi merah, cara memasak nasi merah dengan rice cooker, cara memasak nasi merah tanpa rice cooker, cara memasak nasi beras merah, memasak nasi merah dengan rice cooker, tips memasak nasi merah, cara memasak nasi merah menggunakan panci, cara memasak nasi merah yang benar, cara memasak nasi merah dengan panci, cara memasak nasi merah dengan kompor, cara memasak nasi merah menggunakan dandang

LihatTutupKomentar