9 Manfaat puasa daud bagi kesehatan secara ilmiah

9 Manfaat puasa daud bagi kesehatan secara ilmiah

Manfaat puasa daud bagi kesehatan - Puasa daud ialah puasa yang sudah dilakukan secara selang-seling yaitu satu hari berpuasa dan satu hari buka. Sesuai namanya, puasa ini diberikan oleh Nabi Daud AS.

Dalam Al Quran, Nabi Daud diceritakan banyak memiliki kelebihan. Mulai dari dikatakan sebagai nabi yang sanggup melunakkan besi kuat, mempunyai suara yang merdu bahkan juga membuat angin dan burung takjub, sampai mempunyai fisik yang kuat.

Merilis dari buku Dahsyatnya Puasa Sunah karya H. Amirulloh Syarbini, Hj. Lis Nur'aeni Afgani, dan Ruang Kata, rahasia dibalik keistimewaan beliau didapat dari membiasakan diri dengan berpuasa selang-seling sejauh hidupnya. Rasulullah SAW sempat juga menyebutkan jika puasa daud yang diberikan oleh Nabi Daud sebagai salah satunya puasa yang utama.


Berikut bunyi haditsnya,


لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

Artinya: "... Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasa. Itulah puasa saudaraku Daud AS," (HR Bukhari dan Muslim).

Sesudah pahami sepintas info mengenai puasa daud, perlu dimengerti berkenaan bacaan niat puasa daud dan kelebihan yang dikandungnya seperti berikut.


Niat Puasa Daud

Tata langkah membaca niat puasa daud tidak berbeda jauh dengan puasa yang lain. Bacaan niat bisa dikerjakan semenjak malam harinya saat sebelum berpuasa. Berikut bacaan tujuannya.


نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu Shauma Daawuda sunnatal lillahi ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa daud, sunah karena Allah Ta'ala,"


Kelebihan Puasa Daud

Beberapa kelebihan puasa daud sudah disebut dalam sabda Rasulullah SAW lewat hadits-hadistnya yaitu,


1. Lebih dicintai Allah SWT

Puasa daud lebih dicintai Allah SWT dibanding puasa sunnah yang lain. Ini sama sesuai sabda Rasulullah SAW,


أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا ، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ

Artinya: "Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya." (HR. Bukhari).


2. Wujud beribadah yang maksimal

Rasulullah SAW pernah menyapa salah seorang teman dekat namanya Abdullah ibn Amr yang lakukan beribadah terlalu berlebih. Selanjutnya Rasulullah SAW memberi pesan padanya,

"Berpuasalah dan berbukalah, sembahyanglah dan tidurlah. Karena sesungguhnya badan kamu mempunyai hak atas kamu. Dan istri kamu mempunyai hak atas kamu, juga tamu kamu mempunyai hak atas kamu. Cukuplah bagimu berpuasa sebanyak tiga hari pada tiap bulan,"

  • Abdullah selanjutnya menyahuti, "Itu terlalu sedikit bagiku, wahai Rasulullah sesungguhnya saya memiliki kesanggupan,"
  • Selanjutnya Rasulullah menasehati kembali, "Kalau begitu, berpuasala sebanyak dua hari dalam seminggu,"
  • Abdullah selanjutnya menjawab kembali, "Itu juga masih sedikit, saya masih memiliki kesanggupan,"
  • Rasulullah bersabda, "Kalau begitu, berpuasalah seperti puasa Nabi Daud, dan jangan melebihkan lagi,"

Hal itu juga membuat Abdullah menanyakan apa puasa daud itu, selanjutnya dijawab oleh Rasulullah, "Ia berpuasa sehari dan berbuka sehari," (HR Ahmad).

Selain ikuti (ittiba') pada tuntunan Nabi Daud AS, Rasulullah SAW kerap mempraktikkan puasa daud karena meyakini jika banyak kelebihan dalam puasa itu. Baik secara jasmani atau rohani.

Adapun manfaat puasa daud bagi kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah sebagai berikut.

Kata kunci terkait : niat puasa daud, puasa daud, puasa daud hukumnya, tata cara puasa daud, niat puasa nabi daud, keutamaan puasa daud, manfaat puasa daud, puasa nabi daud, manfaat puasa nabi daud, faedah puasa nabi daud, manfaat puasa daud untuk kesehatan

 

9 Manfaat puasa daud bagi kesehatan

Fungsi puasa daud untuk kesehatan tubuh rupanya sudah terbukti secara ilmiah. Selainnya mendapatkan pahala, pengurangan berat badan dan menyusutnya resiko diabetes bisa juga Anda alami jika teratur jalani puasa daud.

Puasa Daud dilaksanakan secara selang-seling setiap 2 hari sekali. Maknanya, bila ini hari telah puasa, karena itu esok ialah jadwal tidak berpuasa, demikian juga selanjutnya. Di dunia kesehatan, skema ini serupa dengan intermittent fasting atau puasa berselang.

Ada beragam tipe intermittent fasting atau puasa berselang. Puasa Daud sendiri, serupa dengan tipe puasa berselang dengan skema 16/8 . Maka dalam sehari, waktu makan Anda dipisah jadi 16 jam untuk berpuasa, dan 8 jam untuk makan. Disamping itu, tipe puasa ini serupa dengan alternate day fasting, yang mewajibkan Anda puasa sehari dan tidak berpuasa di hari selanjutnya.

1. Manfaat puasa daud untuk turunkan berat badan


Cukup banyak orang yang jalankan puasa karena ingin turunkan berat badan. Pada umumnya, berpuasa akan membuat Anda makan semakin sedikit.
Saat berpuasa, kandungan insulin di tubuh akan turun, tetapi kandungan hormon perkembangan dan norepinefrin akan bertambah. Ini memacu tubuh untuk merusak lemak dan memakainya untuk sumber energi.
Berpuasa akan tingkatkan metabolisme Anda, hingga tubuh akan membakar semakin banyak kalori.
Tetapi, bila saat buka, Anda malah konsumsi makanan banyak mengandung lemak dan tinggi gula, tujuan ini jadi susah tercapai.

2. Memperbaiki peranan sel dan gen di tubuh


Saat Anda tidak minum dan makan sepanjang beberapa saat, bakal ada peralihan yang terjadi di tubuh. Peralihan yang terjadi salah satunya ialah pengurangan kandungan insulin, proses pembaruan beberapa sel yang hancur lebih cepat, dan kenaikan kemampuan gen di tubuh membuat perlindungan tubuh dari penyakit.

3. Kurangi resiko berlangsungnya diabetes type 2

Pengurangan kandungan insulin di tubuh saat puasa, akan memacu menyusutnya kandungan gula darah di tubuh. Hingga, resiko timbulnya diabetes type 2 bisa ditekan.

4. Turunkan tekanan darah

Manfaat puasa Daud untuk kesehatan yang setelah itu turunkan tekanan darah. Tetapi, fungsi ini cuman bisa terjadi dalam jangka pendek, yakni saat Anda jalani sedang jalani puasa.

5. Bisa turunkan kandungan kolesterol

Teratur puasa Daud, bila dibarengi dengan berolahraga teratur, bisa menolong turunkan kandungan kolesterol pada darah. Tidak itu saja, pola sehat ini dapat menolong turunkan kandungan trigliserida, yang berperanan dalam tingkatkan resiko berlangsungnya stroke dan penyakit jantung.

6. Membuat tidur jadi lebih berkualitas

Manfaat puasa dudu untuk tidur yang nyenyak


Jalani tidur yang berkualitas, penting untuk jaga kesehatan tubuh. Ini dapat didapat sebagai manfaat puasa daud. Karena, dengan berpuasa, transisi biologis atau transisi tidur Anda dapat kembali baik.

7. Mencegah kanker

Sedikit yang mempelajari masalah manfaat puasa Daud untuk mencegah kanker. Tetapi, pada penelitian pada hewan yang tes, intermittent fasting dipandang bisa mencegah penebaran sel kanker dan memperlambat perkembangannya.

8. Sehatkan otak

Sebuah riset yang sudah dilakukan pada hewan tes merasakan jika intermittent fasting bisa tingkatkan kekuatan belajar dan ingatan. Disamping itu, dapat kurangi resiko berlangsungnya penyakit Alzheimer, Parkinson, dan stroke.

9. Perpanjang harapan hidup

Faedah puasa Daud untuk kesehatan yang terakhir ini, lumayan menarik. Karena, kesimpulan ini didapat dari riset pada hewan tes, yang periode hidupnya jadi lebih panjang sesudah jalani intermittent fasting.
Puasa berlalu rupanya mempunyai kekuatan yang sama di dalam perpanjang umur harapan hidup, seperti batasi konsumsi kalori.


LihatTutupKomentar