Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Cuan 2 Juta Per Hari

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Cuan 2 Juta Per Hari


Ini bukan hanya sekedar tips, tapi ini pengalamanku pribadi yang akan saya share kepada kalian semua bagaimana cara memulai bisnis online dari nol hingga saya bisa mendapatkan kurang lebih 2 juta per hari.

 

Saya harap buat teman-teman yang saat ini lagi dalam posisi "nol" tidak ada modal sama sekali, tidak usah patah semangat ya! Kita masih punya Tuhan yang akan memberikan jalan dan cara lain di luar kapasitas kita.

 

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Waktu itu sebelum pandemi, saya memutuskan resign dari tempat kerjaku dan emang nekat aja sih, modal masih belum ada namun memberanikan diri pulang ke kampung dan buka toko kelontong kecil-kecilan. Oh iya waktu itu saya sudah punya Istri dan anak satu, jadi sudah ada tanggungan.


Singkat cerita atas tindakanku yang nekat itu, toko kelontong saya akhirnya tutup total, modal tidak balik dan barang habis tidak bisa memutar lagi.

Pandemi-pun melanda, ingin cari kerja lagi namun sulit, yang ada malah pegawai ramai-ramai kena PHK.

Nah mulai dari itu saya berfikir keras untuk mencari cara agar bagaimana cara memulai bisnis dari nol. 


Saya mencari ide atau beberapa referensi dimana-mana, diantaranya pasti di kanal youtube dan di google dengan beberapa kata kunci, diantaranya; cara memulai bisnis online dari nol, cara memulai bisnis dari nol, cara memulai bisnis tanpa biaya dll. Dan berikut beberapa ide cara memulai bisnis online dari nol yang saya temukan:

 

Ide bisnis tanpa modal

  1. Bisnis online shop
  2. Bisnis reseller atau dropshipper
  3. Bisnis bimbingan belajar
  4. Bisnis jasa penerjemahan
  5. Bisnis jasa desain grafis
  6. Bisnis web programmer
  7. Bisnis jasa fotografi
  8. Bisnis jasa tour dan travel
  9. Bisnis jasa penulis lepas
  10. Bisnis jual barang bekas
  11. Menjadi selebgram
  12. Bisnis makanan

 

Namun ingat, semua itu hanya ide saja yang bisa kita ambil sebagai cara memulai bisnis dari nol. Kita juga harus mengetahui potensi apa yang cocok untuk ide-ide tersebut.

 

Dari beberapa ide yang saya dapat, saya memutuskan untuk mencoba tiga ide itu, diantaranya menjadi dropshipper, dan bisnis online shop. Kenapa Ide itu yang saya ambil? OK saya akan menjelaskan satu per-satu.

 

Bisnis Dropship

Sudah pada tau semua kan tentang apa itu dropship? Baik mungkin ada yang masih belum tau tentang istilah dropship. Gampangnya dropship itu kita hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa perlu membelinya dulu atau menyetok dulu.

 

Jadi sangat mudah kan, kita hanya modal foto dari barang orang lain itu lalu kita posting di sosmed atau marketplace atau apapun itu, dan jika ada yang membeli kita tinggal meminta orang yang punya barang tersebut untuk mengirimnya ke alamat pembeli.

 

Hal ini pun sudah saya terapakan, berhubung follower di sosmed saya sedikit maka saya mencoba memulai bisnis dropship ini di media marketplace. Cara memulai bisnis online dari nol dengan ini sih saya rasa sangat mudah, saya cukup mencari dulu barang di markeplace yang toko tersebut menjual dengan harga yang murah dan barang tersebut laris dipasaran.

 

Namun setelah saya siap untuk jualan, ternyata terkendala dengan biaya iklan. Di marketplace kita bisa menjual apa saja, namun tidak jaminan untuk laku, tampil di pencarian saja sangat susah dimana marketplace menyediakan layanan iklan sehingga yang tampil di pencarian rata-rata produk yang di iklankan dan produk-produk lama yang jumlah penjualannya sudah banyak.

 

OK! barang tetap saya pasang di marketplace, tapi saya biarkan saja se laku-lakunya sendiri, pasrah karena nggak bisa untuk untuk mengiklankan. Hehe... Sebenernya tidak mahal-mahal amat sih, mulai dari 25 ribu bisa kok, cuman ya nggak begitu maksimal kalau cuma segitu.

 

Bisnis Online Shop

Nah bisnis online shop ini menjadi opsi terakhir saya. Bedanya apa dengan dropship? Jika dropship seperti yang saya jelaskan tadi kita ngejualin barang orang, namun jika online shop, kita jual barang sendiri, bener2 nyetok.

Lah kalau gitu kan malah butuh modal banyak donk? Tidak! Kok bisa?


Bisa kok, pasti ada jalan. Hehe... Mungkin ini klimaksnya dari cerita saya dalam cara memulai bisnis online dari nol hingga cuan 2juta per hari.

 

Memulai bisnis online tanpa modal. Kok bisa?

Oh iya, menurut saya bisnis online shop atau menjual barang sendiri itu lebih greget lho di bandingkan menjualkan barang orang lain (dropship), karena jika laku hasilnya 100% punya kita. Namun jika kita menjadi dropshipper, dan barang tadi laku yang paling enak juga orang yang punya barang, udah nggak ikut jualan tapi urusan laku dia dapat untung. Hehe..

Tapi yang jadi pertanyaan, gimana caranya membeli atau menyetok barang tadi dan gimana cara jualnya?

 

Cara stok barang tanpa modal

Sebenarnya ada banyak cara stok barang tanpa modal, namun saya akan menunjukkan beberapa saja yang menurut saya bisa kalian lakukan.

 

Join sama teman

Ini merupakan cara yang paling mudah, jika kamu punya teman yang punya produk, coba ajakin join. Kamu yang ngejual dan temen kamu yang punya produknya, nanti hasilnya bisa di bagi dua. Atau bisa saja beli produknya temen kamu itu, tapi bayarnya belakangan jika udah laku, biasanya kalau temen itu mau kok. Hehe...

Namun jika masih tidak mau, pakai cara yang ke 2, yaitu cari produk yang sudah ada

 

Cari produk sendiri yang sudah ada

Kamu punya barang yang masih baru? Walaupun cuma satu, coba jual saja siapa tau laku. Hehe...

Ets... Itu efektif lho, jika laku satu saja dengan laba yang besar, kamu bisa membelikan barang baru lagi yang lebih banyak dan bisa diputar terus untuk menyetok barang lagi.

 

Cara ini pun yang saya lakukan, saya dulu saat masih punya toko kelontong, ternyata saya masih punya buku anak, mungkin sekitar 10 an pcs, soalnya dulu secara offline emang nggak laku semua. Hehe...


Nah dari situ tinggal gimana cara jualnya agar produk ini bisa laku dan pastinya tanpa modal, berikut cara memulai bisnis online dari nol.

 

Cara Mudah Memulai Bisnis Online Dari Nol

Sesudah kamu punya produk untuk dijual, berikut cara yang menurutku mudah untuk memulai bisnis. Yaitu memulai bisnis / jualan dengan cara online. Dan bicara tentang "online", caranya banyak banget namun kali ini saya akan menjelaskan sesuai dengan pengalamanku saja ya!

 

Berjualan online dengan FB Ads

Saya tidak akan membahas secara detail  tentang FB Ads, kamu bisa browsing tutorialnya di Youtube atau di google.


Yang perlu kamu siapkan yaitu website untuk memasang produk kita dan FB Ads untuk meng iklankan produk kita.

Tenang-tenang, masalah biaya bisa di atasi kok! Hehe...


Sebenarnya tidak gratis sih, cuma FB itu di tagihnya bukan di awal, jadi kita bisa memanfaatkan itu. Kamu bisa langsung mengiklankan produk kita sampai nantinya kita di tagih. Dan semoga sampai di tagih nanti, produk kita sudah laku dan bisa untuk bayar iklan. Mudah kan.


Jangan pesimis ya! Saya juga melakukan hal itu kok, saya iklan 100 ribu sehari dan Alhamdulillah produk saya laku 3, jadi bisa untuk bayar iklan dan buat beli stok lagi. hehe... Oh iya sekedar tips! Kalau bisa produk kita punya laba minimal 50 ribu ya, agar bisa untuk menutup biaya iklan.


Cara gratis membuat websit

Memulai bisnis online dengan mudah

Dalam membuat website kita memerlukan yang namanya Domain dan Hosting. Semuanya itu rata-rata berbayar dan tidak murah.

 

Namun saya punya rekomendasi agar bisa membuat website dengan mudah dan gratis serta kecepatannya juga kenceng banget. Yaitu saya memakai hosting dari Rumahweb.com .

 

Dirumahweb itu kamu bisa mencoba dulu hosting selama 1 bulan, alias gratis selama 1 bulan. Jadi selama 1 bulan kita bisa mengiklankan produk dengan gratis tis tis... dan jika produk kita laku, baru deh kita perpanjang untuk bulan berikutnya. Tenang gaes... di Rumahweb paket hosting murah banget kok, tinggal pilih saja dengan kantong kamu.  

 

Cuan 2 juta perhari

Dengan cara yang mudah dan "geratisan" itu Alhamdulillah saya bisa menjual rata-rata 15-16 pcs per hari. Jika harga produk saya per pcs nya Rp. 130.000 dan di kali 16, jadi totalnya 2 jutaan. Mudah kan.

 

Bikin website mudah dan gratis

Bikin website mudah dan gratis dengan rumahweb


Oh iya, bukannya saya di endorse sama Rumahweb ya, namun saya sudah mencari penyedia hosting lain tapi saya tidak menemukan yang memberikan trial 1 bulan dulu. Pernah ada sih bukan gratis, cuma lumayan murah, namun lemoot banget. Jadi menurutku Rumahweb ini rekomendasi banget jika ingin memulai bisnis dengan mudah tanpa banyak biaya. Dan jika kebingungan untuk membuatnya, kamu juga bisa bertanya apapun seputar website di Customer Supportnya, dijamin pasti dijawab dengan sangat ramah. Jujur saya puas banget sama layanannya, makanya saya merekomendasikannya pada kalian semua. Untuk link hosting grtais 1 bulan, bisa cek di sini ya https://www.rumahweb.com/wordpress-hosting/


Kenapa saya nggak pakai hosting blogspot saja? kan gratis?

Memang sih bisa tapi jika untuk jualan, web yang kita buat ini bagusnya dengan Landing Page ya. Dan untuk blogspot itu, tidak begitu bagus dan susah untuk dibuat landing page, jadi lebih mudah pakai wordpress.

 

Pilih domain murah

Jika mau domain gratis, ada sih cuman itu tidak pasti biasanya saat promo waktu tertentu saja. Kamu bisa follow instagram / facebook penyedia layanan domain ya, nanti jika ada promo pasti bakalan di umumin. Namun jika butuh cepat, cari domain yang murah saja, contohnya domain .my.id / .xyy. Di rumah web hanya 12-15 ribu saja kok per tahunnya.

 

Semoga pengalaman saya untuk cara memulai bisnis online dari nol sampai cuan 2 juta per hari ini bisa menginspirasi kamu ya dan cara-cara saya diatas itu juga bisa di coba, siapa tau jalan yang diberikan Tuhan sama. Hehe...

 

Eh ngomong-ngomong tentang Rumahweb, ternyata sekarang lagi ulang tahun ke 20 nih, Selamat Ulang tahun ya, semoga bisa memberi manfaat lebih lagi bagi kita-kita ingin memulai bisnis atau usaha. 

 

Bagi kamu yang punya cerita atau pengalaman menarik tentang Rumahweb untuk memulai bisnis online, bisa ikutan berpartisipasi ya, berikut infonya. 

Rumahweb Blog Competition 2022




LihatTutupKomentar