Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk apa sih?

Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk


Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk apa sih? Berikut penjelasannya secara detail tentang pertanyaan "cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk apa".

 

Di dunia sastra Indonesia, cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk prosa. Lebih persisnya prosa naratif fiktif yang didalamnya ada alur bercerita atau memvisualisasikan cerita satu figur, lengkap dengan perselisihan, sampai penyelesaiannya; secara singkat dan padat.

 

Lantaran cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk prosa jadi tentu saja isi pada cerpen akan fokus pada satu figur dan keadaan tertentu, sampai ke pucuk permasalahan (klimaks), dan penyelesaiannya.

 


Cerpen adalah Salah Satu Karya Sastra yang Berbentuk Prosa

 

Pemahaman dari cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk prosa, memang betul ada dan dapat ditunjukkan karena cerpen cuman mempunyai satu tingkatan jalan cerita yang umumnya berisi terkait cerita kehidupan manusia yang dikisahkan melalui tulisan pendek dan singkat.

 

Cerpen disebutkan sebagai cerita fiktif yang berisi kehidupan seorang yang dikisahkan secara singkat dan fokus cuman pada satu okoh saja. Cerpen umum diketahui sebagai narasi yang dapat usai dibaca cuman dalam sekali duduk, di antara 1/2 jam sampai dengan 2 jam.

 

Berdasarkan catatan riwayat, cerpen telah ada saat sebelum era kesepuluh. Di saat itu cerpen biasanya tidak dipandang seperti wujud sastra yang berlainan. Realitanya adalah fiksi proses pendek nyaris setua bahasa tersebut. Sejauh riwayat manusia sudah menikmati beragam tipe cerita singkat, seperti jests, anekdot, mempelajari penyimpangan, roman alegoris pendek, moralisasi dongeng, mitos pendek, dan legenda sejarah singkat. Tidak satu pun dari itu sebagai cerita pendek seperti yang sudah diartikan semenjak era ke-19.

 

Peralihan peristiwa munculnya cerita pendek pertama kalinya diawali saat sebelum manusia bisa menulis. Untuk membantu membuat dan menghafal dongeng, pendongeng awalnya kerap memercayakan frasa stock, irama tetap, dan sajak. Akibatnya, banyak cerita tertua di dunia, seperti cerita Babilonia kuno, Epik Gilgames, ada dalam ayat.

 

Merilis dari buku Menulis itu Mudah: Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal, Sukino, 2010, supaya penjelasan terkait cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk prosa, seharusnya kenali beberapa ciri cerpen di bawah ini.

 

Ciri-Ciri dan Peranan Cerpen

 

Beberapa ciri cerpen

Sebuah cerpen mempunyai ciri-ciri yang khas di antara karya sastra yang lain, yakni:

  1. Memiliki sifat fiktif atau cerita dari penulis.
  2. Tersusun tidak lebih dari 10 ribu kata.
  3. Bisa dibaca dengan sekali duduk.
  4. Pilihan kata yang digunakan tidak sulit hingga gampang dimengerti.
  5. Mempunyai alur tunggal atau satu alur cerita.
  6. Umumnya dicatat berdasar kejadian di kehidupan.
  7. Mempunyai pesan moral yang terkandung.

 

Peranan Cerpen

  1. Peranan rekreatif: sebagai penghibur untuk beberapa pembaca.
  2. Peranan estetis: mempunyai nilai seni atau keelokan hingga memberikan rasa senang dalam soal estetis untuk beberapa pembaca.
  3. Peranan didaktif: memberikan evaluasi atau pengajaran untuk beberapa pembaca.
  4. Peranan moralitas: mempunyai nilai moral hingga pembaca mengetahui mana yang baik dan jelek berdasar cerita yang terdapat.
  5. Peranan relegiusitas: memberikan evaluasi spiritual hingga bisa menjadi contoh untuk pembaca.

 

Adapun cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk prosa dapat di kenali dari elemen Instrinsik dibawah ini:


Elemen Instrinsik Cerpen

 

1. Tema

Tema adalah gagasan atau ide khusus dari sebuah cerpen. Topik berisi deskripsi luas mengenai cerita yang akan diangkat sebagai narasi dalam cerpen hingga penting memikirkan topik saat sebelum menulis cerpen.

 

2. Figur dan Penokohan

Figur adalah beberapa orang yang turut serta dalam narasi dan banyak mengambil peranan dalam narasi itu. Dan penokohan sebagai metode penulis menentukan karakter atau watak dari figur itu.

 

Adapun tipe perwatakan seorang figur bisa dikatakan lewat diskusi, keterangan cerita, atau penggambaran fisik figur itu.

 

3. Jalur atau Plot

Jalur atau plot sebagai alur cerita yang akan dikembangkan sampai jadi sebuah cerpen. Jalur berbentuk formasi kejadian atau peristiwa yang membuat sebuah narasi.

 

Jalur dalam cerpen mempunyai tingkatan seperti perjumpaan, penanjakan, klimaks, antiklimaks, dan penuntasan. Setiap tingkatan mempunyai karakter dan keunikan masing-masing terkait dengan jalannya narasi.

 

4. Setting atau Latar

Setting sebagai deskripsi mengenai kejadian-peristiwa yang berada di dalam narasi. Latar terhitung elemen pembangun narasi yang penting.

 

Kehadirannya penting untuk membuat situasi dalam narasi. Latar dipisah jadi beberapa jenis, waktu seperti, tempat, sosial budaya, kondisi lingkungan, dan situasi.

 

5. Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan taktik yang dipakai oleh penulis cerpen untuk bercerita satu peristiwa atau background narasi.

 

Dalam suatu cerita pendek, ada sudut pandang jadi orang pertama, sudut pandang orang ke-2 , dan sudut pandang orang ke-3 . Ada pula sudut pandang dari penulis yang datang dari sudut pandang orang yang ada di luar cerita.

 

6. Gaya Bahasa

Tata bahasa sebagai keunikan dari penulis saat menuliskan narasi pendek itu. Tata bahasa ini dapat diperbedakan dari pemakaian majas, pilihan kata, dan pemilihan kalimat yang pas dalam cerpennya.

 

7. Amanat

Amanat adalah pesan moral yang ada dalam cerita, yang dapat diambil oleh pembacanya. Amanat atau pesan moral yang ada pada cerpen, umumnya bukan hanya dicatat langsung, tetapi secara tersirat.

 

Kata kunci terkait : cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk, apa yang dimaksud dengan cerpen, apa itu cerpen, apa perbedaan cerpen dan novel, apa yang dimaksud cerpen, apa perbedaan novel dan cerpen, apa yang dikenalkan pada bagian awal cerpen, apa sajakah unsur intrinsik cerpen, unsur-unsur yang membangun cerpen disebut, judul cerpen yang menarik, tema cerpen yang menarik, berikut yang tidak termasuk struktur teks cerpen adalah, jelaskan yang dimaksud cerpen, cerpen yang menarik, bagaimana isi dalam teks cerpen

 

Pemahaman Cerpen Menurut Pakar

  • Sumardjo dan Saini
    Cerpen sebuah narasi yang tidak betul-betul terjadi di dunia nyata dan ceritanya singkat dan pendek.
  • Hendy
    Cerpen sebagai satu tulisan yang tidak begitu panjang yang berisi cerita tunggal.
  • J.S Badudu
    Cerpen adalah sebuah cerita narasi yang cuman fokus pada satu peristiwa saja.
  • Aoh. K.H
    Cerpen atau cerita pendek adalah satu bentuk cerita prosa yang pendek.
  • H. B. Jasin
    Narasi pendek atau cerpen ini adalah satu wujud dari sebuah cerita yang cukup lengkap yang terdiri dari 3 sisi yakni perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian.

 

Jadi Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk Porsa ya, semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan yang ada selama ini.

LihatTutupKomentar